Peserta dapat melakukan pendaftaran kembali, karena data dari pendaftaran sebelumnya telah dihapus oleh sistem.
Hal tersebut muncul karena akun telah terdaftar atau masih dalam proses aktivasi oleh pihak kami. Apabila mendapatkan hal serupa dengan kondisi akun telah terdaftar, coba untuk menghapus cache terlebih dahulu. Apabila kondisi tersebut masih terjadi, mohon untuk menghubungi pihak kami.
Peserta dapat menghubungi pihak kami untuk melakukan konfirmasi hapus akun.
  1. Klik Lupa Password?
  2. Isi email yang didaftarkan ke BP3S dan sudah diverifikasi
  3. Klik Reset Password
  4. Periksa email untuk melakukan perubahan email
  5. Ikuti petunjuk perubahan password pada email
  6. Catat OTP yang ada pada email
  7. Klik Ubah Password (tulisan warna biru) di halaman email (letak paling bawah)
  8. Masukan email yang sudah didaftarkan dan diverifikasi
  9. Masukan OTP yang “dicatat” pada email
  10. Klik ubah password
  11. Peserta berhasil merubah password
Peserta dapat melakukan pendaftaran ulang dalam 1 jam mendatang. Apabila masih ditemui hal serupa, peserta dapat menghubungi pihak kami.
Bisa, tapi sangat "TIDAK DIREKOMENDASIKAN". Karena tidak semua HP memiliki spesifikasi yang sesuai dengan standar sistem kami. Alangkah lebih baiknya untuk menghindari kesalahan, peserta dapat mengakses melalui komputer atau laptop.
  • Pastikan internet anda dalam kondisi stabil.
  • Tidak menggunakan HP dalam melakukan ujian, untuk menghindari adanya kesalahan.
  • Kartu tanda penduduk
  • Pas Foto
  • Ijazah
  • Surat Rekomendasi dari Asosiasi atau Kantor
Peserta dapat menghubungi pihak kami untuk dihapus dari jadwal ujian.
Ini terjadi karena jadwal belum dibuat oleh pihak kami.
Peserta bisa mengisi soal ujian kembali, karena jawaban yang sudah dikirim tidak masuk ke dalam sistem.
  1. Kunjungi website e-Sertifikasi : https://bppps.kemensos.go.id/
  2. Klik Tombol masuk di ujung kanan website
  3. Klik Daftar
  4. Isi nama lengkap
  5. Pilih jenis kelamin
  6. Isi tempat lahir
  7. Pilih tanggal/bulan/tahun kelahiran
  8. Pilih status pernikahan
  9. Isi jumlah anak (bagi yang sudah memiliki anak)
  10. Isi No Induk Kependudukan (NIK)
  11. Unggah foto Kartu Tanda Penduduk (KTP); ukuran maksimal 300 kb.
  12. Isi alamat sesuai dengan KTP
  13. Pilih Provinsi sesuai KTP
  14. Pilih Kota sesuai KTP
  15. Pilih alamat domisili sesuai KTP atau Beda dengan KTP; jika beda dengan KTP, isi data :
    1. Alamat domisili
    2. Pilih provinsi domisili
    3. Pilih kota domisili
  16. Unggah poto profil peserta
  17. Isi nomor telepon
  18. Isi email
  19. Isi password
  20. Isi ulang password
  21. Klik tombol selanjutnya
  22. Pilih Pendidikan terakhir
  23. Isi jurusan
  24. Isi tahun kelulusan
  25. Unggah file ijazah; file pdf maksimal ukuran 300 kb.
  26. Klik tombol selanjutnya
  27. Pilih rekomendasi
    1. Kantor
      1. Isi tanggal berlaku surat rekomendasi
      2. Unggah file surat rekomendasi; file pdf maksimal ukuran 300 kb.
      3. Isi nama atasan
      4. Isi jabatan atasan
      5. Isi nomor telepon atasan
    2. Asosiasi
      1. Isi tanggal berlaku surat rekomendasi
      2. Unggah file surat rekomendasi; file pdf maksimal ukuran 300 kb.
  28. Klik tombol selanjutnya
  29. Isi nama kantor
  30. Isi alamat kantor
  31. Isi jabatan pekerjaan
  32. Pilih profesi
  33. Isi captcha; yang ditulis hasil dari penjumlahan.
  34. Klik kirim; jika sudah yakin atau klik sebelumnya jika ingin memeriksa kembali.
  35. Lihat video selengkapnya : https://www.youtube.com/watch?v=JmtWR1Dv_ew
  1. Kunjungi website e-Sertifikasi : https://bppps.kemensos.go.id/
  2. Klik tombol masuk di ujung kanan website
  3. Masukkan email dan password
  4. Klik tombol login
Pendaftaran ujian bisa dilakukan jika jadwal di kota peserta sedang diselenggarakan. Untuk melakukan pendaftaran peserta harus :
  1. Login ke akun peserta
  2. Klik menu "Daftar Sertifikasi"
  3. Pilih "Angkatan" sesuai yang diinginkan peserta
  4. Klik pada bagian action untuk masuk ke halaman pendaftaran peserta
  5. Klik tombol "Daftar
  6. Peserta berhasil mendaftar ke ujian sertifikasi
  7. Tunggu persetujuan dari LSP
  8. Periksa email atau notifikasi di halaman pesrta untuk mengetahui pendaftaran disetujui oleh LSP
  9. Jika sudah disetuji oleh LSP, peserta berhak mengikuti ujian Deskripsi Diri dan Ujian
  10. Lihat video selengkapnya : https://www.youtube.com/watch?v=Mx-cKjT9EfQ&t=35s
  1. Login ke akun peserta
  2. Klik Jadwal Sertifikasi
  3. Klik bagian action untuk masuk ke halaman ujian sertifikasi
  4. Klik mulai pada TAHAP I - DESKRIPSI DIRI untuk masuk halaman soal
  5. Isi soal sesui dengan aturan; minimal jawaban ada yang 150 kata dan minilmal 100 kata
  6. Klik kirim jika semua soal sudah diisi dengan baik dan benar
  7. Lihat video selengkapnya : https://www.youtube.com/watch?v=Mx-cKjT9EfQ&t=35s
  1. Ujian deskripsi diri harus sudah dinilai oleh Assessor
  2. Harus pada tanggal dan waktu yang sudah ditentukan
  3. Login ke akun peserta
  4. Klik Jadwal Sertifikasi
  5. Klik bagian action untuk masuk ke halaman ujian sertifikasi
  6. Klik mulai pada TAHAP II - ANGKATAN untuk masuk halaman soal
  7. Isi soal dengan baik dan benar sesuai batas waktu yang sudah ditetapkan
  8. Klik akhiri ujian jika sudah selesai mengisi jawaban
  9. Nilai akan otomatis muncul bila ujian sudah diakhiri
  10. Soal akan otomatis menutup jika peserta mengisi jawaban melebihi batas waktu dan akan dinyatakan Belum Kompeten
  11. Lihat video selengkapnya : https://www.youtube.com/watch?v=Mx-cKjT9EfQ&t=35s
  1. Hapus cache browser yang digunakan
  2. Ubah jam dan tanggal computer
  3. Restart computer
  4. Siap mengikuti ujian
  • Jangan mengubah tanggal dan waktu di tengah ujian sedang berlangsung. Jika dilakukan peserta harus merefresh halaman ujian dan melakukan login kembali untuk melanjutkan ujian kembali
  • Pastikan kembali sebelum malakukan ujian, tanggal dan jadwal ujian sudah sesuai untuk menghindari hal2 yg tidak diinginkan